News

Saksi Prabowo Klaim Temukan KPPS di Boyolali Curang, Ini Kata Hakim MK

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Salah satu saksi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Nur Latifah mengklaim telah menemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh oknum KPPS saat proses pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS 08 Dusun Winksari, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah.

“Saya melihat KPPS mencobloskan surat suara para pemilik suara,” kata Nur Latifah dalam kesaksiannya di sidang Perselishan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) MK, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Nur Latifah mengungkap nama anggota KPPS yang dituduhnya melakukan pencoblosan dari para orang-orang yang memiliki hak suara. Adalah seseorang yang bernama Komri.

Perempuan berkerudung itu mengaku menyaksikan secara langsung peristiwa itu. Setidaknya, kata dia ada 15 surat suara yang dicobloskan oleh anggota KPPS itu.

Mendengar hal itu, Hakim Konstitusi Suhartoyo lalu menanyakan bagaimana saudara saksi bisa menyaksikan KPPS itu mencobloskan surat suara pemilih. Padahal, bilik suara sangat terbatas untuk dihampiri oleh siapapun.

“Tahu dari mana?,” tanya Suhartoyo.

“Saya saksikan sendirisaya di TPS-nya. Saya disamping saksi saksi. Nyoblos-nya di bilik,” jawab saksi.

Hakim pun kembali mendalami pengakuan saksi soal bagaimana hal itu bisa dipastikan terjadi. Saksi pun sempat terdiam beberapa detik.

“Terlihat secara langsung,” ucap saksi.

“Anda duduk disaksi?,” tanya Hakim kembali.

“Itu punya hak suara datang lalu ambil surat suara si anggota KPPS jaga di bilik ketika pemilih sampai bilik KPPS nya cobloskan,” klaim saksi.

Lalu, Hakim menanyakan seputaran teknis dari peristiwa yang diklaim kecurangan tersebut. Menurut saksi, dia mengakui di dusun itu terdapat kesepakatan pemilih lanjut usia (lansia) akan dibantu mencoblos di bilik suara.

“Jadi disana salah satu dusun setelah pemilihan itu saya baru tahu ada kesepakatan orang lansia akan dicobloskan,” ucap saksi.

“Apakah orang yang dicobloskan lansia dan yang tidak tahu?,” tanya Hakim.

“Iya,” jawab singkat saksi. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top