Informasi Publik

[SALAH] Waspada! Diduga Sebar Berita Hoax, Beredar Portal Media Palsu Catut Nama Detiknews

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Portal m-detiknews.blogspot.com bukanlah bagian dari media detik.com. Portal m-detiknews.blogspot.com berisikan artikel-artikel opini yang diambil dari berbagai laman daring lainnya. Dengan demikian, portal m-detiknews.blogspot.com dapat dikategorikan sebagai laman peniru detik.com

=====

Kategori: Imposter Content

=====

Sumber: Portal Daring

https://m-detiknews.blogspot.com/

Archive: https://web.archive.org/web/20190618101155/https://m-detiknews.blogspot.com/

=====

Narasi: Portal m-detiknews.blogspot.com memiliki tampilan seperti detik.com

=====

Penjelasan:

Portal m-detiknews.blogspot.com mulai disebarkan di media sosial. Beberapa akun sudah menyebarkan portal tersebut sebagai sumber informasi di media sosial. Di dalamnya, berisikan beragam artikel yang memperlihatkan portal tersebut bagian dari detik.com

Berdasarkan hasil penelusuran, portal tersebut bukanlah portal berita yang termasuk bagian dari detik.com. Sebab, dari domain portal tersebut menggunakan domain blogspot.com yang dikeluarkan oleh Blogger (produk domain blog milik Google). Berikut penjelasan tentang Blogger (blogspot.com) dari wikipedia.org:

[…] Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. […]

Lalu, pada portal detik.com, tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa m-detiknews.blogspot.com merupakan bagian dari perusahaan media tersebut. Selain itu, bila dilihat berita pada tanggal 18 Juni 2019, di portal m-detiknews.blogspot.com hanya memuat satu berita pada jam 07:00 dengan judul “Di MK, Tim Prabowo Dikuliti KPU Habis -Habisan” dan tidak diketahui nama penulisnya.

Sedangkan, pada portal detik.com, berita pada tanggal 18 Juni 2019 ada cukup banyak berita. Untuk jangka jam 07:00-08:00 WIB ada 15 artikel dan tidak ada satupun dengan judul seperti pada m-detiknews.blogspot.com. Artikel di detik.com pertama pada jangka waktu 07:00-08:00 WIB berjudul “Temuan-temuan Baru Polisi dari Rusuh 22 Mei” yang dipublikasikan pada pukul 07:03 WIB.

Kesamaan antara portal m-detiknews.blogspot.com dengan detik.com hanya pada logo yang dicantumkan dalam halaman mukanya. Namun, ukuran logo tersebut lebih kecil dari ukuran pada logo detik.com.

Selain itu, pada portal m-detiknews.blogspot.com tidak terdapat susunan redaksinya. Sedangkan, di portal detik.com memiliki susunan redaksinya. Pada lamannya, disebutkan bahwa Direktur Konten dan Pemimpin Redaksi Detik.com ialah Alfito Deannova.

Lalu, m-detiknews.blogspot.com tidak menampilkan alamat redaksi atau kontak yang bisa dihubungi. Sedangkan, pada laman detik.com tercantum alamat redaksi di Gedung Transmedia – Lantai 8-9 Jln. Kapten Tendean kav. 12-14A, Jakarta Selatan, 12790 dengan kontak telepon (021) 7918 7722 (Hunting), fax (021) 7918 7727, dan email: redaksi[at].detik.com.

Sebagai sebuah media massa, detik.com juga memiliki bagian laman “Pedoman Pemberitaan Media Siber” sebagai acuan langkah kerja pemberitaan portal tersebut. Di m-detiknews.blogspot.com tidak ditemukan laman pedoman tersebut.

Dari hasil penelusuran itu, maka dapat dikatakan bahwa portal m-detiknews.blogspot.com merupakan konten tiruan dari detik.com. Seluruh tulisan yang ada di m-detiknews.blogspot.com bukan menjadi tanggung jawab dari pihak detik.com.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/916978721967997/

https://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_(layanan)

https://www.detik.com/dapur/redaksi

https://www.detik.com/dapur/pedoman-media

https://www.detik.com/dapur/disclaimer

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top