MITOS

Sama-Sama Ditandai Batuk, Kenali Perbedaan Pneumonia dan TBC

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Pneumonia dan tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Kedua penyakit tersebut ditandai dengan gejala batuk hingga sesak napas.

Erlina Burhan, selaku Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan mengatakan, meski keduanya ditandai dengan batuk dan sesak napas, TBC dan pneumonia disebabkan oleh bakteri yang berbeda.

TBC dipicu oleh mycobacterium tuberculosis sementara pneumonia disebabkan oleh bakteri Klebsiella pneumoniae, Acinetobacter baumanii, dan Pseudomonas aeruginosa.

“Infeksi di jaringan paru yang bukan disebarkan oleh kuman TBC kita sebut pneumonia. Gejalanya akut seperti mendadak. Tiba-tiba demam tinggi, batuk, dahak berwarna kuning. Kalau TBC gejalanya ringan tapi lama, berat badan jadi turun dan pengobatannya juga lama,” ujar dr Erlina dalam peringatan Hari Pneumonia di Rumah PDPI, Jumat (16/11/2018).

Karena sifatnya yang tiba-tiba, pneumonia bisa menyebabkan kematian sehingga diagnosis harus dilakukan sesegera mungkin agar pasien dapat diberikan penanganan yang tepat.

“Pemberian antibiotik awal diberikan berdasarkan pola kuman penyebab terbanyak dan tersering. Sebelum antibiotik diberikan, spesimen dahak harus diambil untuk ditumbuhkan dan menjadi panduan antibiotik selanjutnya apabila pasien mengalami perburukan,” tambah dia.

Erlina mengatakan bahwa pneumonia bisa menyebabkan kematian jika derajatnya berat, sehingga kuman menginfeksi organ lain dan menyebabkan kerusakan. Jika hal ini sudah terjadi, pasien akan mengalami gangguan sistemik di jantung, paru-paru atau ginjal.

“Pneumonia bisa menyebabkan gagal organ sehingga memicu kematian. Jadi walau diagnosis awalnya pneumonia maka bisa saja parunya terganggu, bisa saja jantung terganggu, ginjal terganggu. Ini kalau pneumonia berat. Ada juga pnemonia dari penyakit penyerta yang juga sering menyebabkan kematian,” tandas dia. (yan/piah)

Sama-Sama Ditandai Batuk, Kenali Perbedaan Pneumonia dan TBC
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top