Tekno

Search Engine Google Alami Kenaikan 40% Ketika Ramadhan

Search Engine Google. ( Foto : Istimewa )

PIAH.COM – Google Indonesia mencatat terjadi kenaikan pencarian dalam layanan search engine-nya ketika Ramadhan ini. Kata kunci yang paling dicari berkaitan dengan aktivitas berpuasa dan juga berbelanja.

“Penelusuran Google Search naik 40 persen. Jadi orang mencari informasi dengan beberapa kata kunci,” ujar Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, Kamis (16/5) di Jakarta.

Kata kunci tersebut dikelompokan menjadi beberapa kategori di antaranya informasi penunjang ibadah, makanan di bulan Ramadan, konten religius dan juga barang terbaru, terbaik dan termurah.

Pada momen Ramadan, kata Veronica, pengguna mencari informasi tersebut untuk membantu menjalankan ibadah di bulan suci serta berbelanja kebutuhan ketika Ramadan dan juga menyambut Lebaran.

Selain mesin pencari, Google juga mencatat peningkatan akses untuk layanan PlayStore dan juga platform YouTube. Angka unduhan aplikasi di Google Play Store meningkat hingga 20 persen. Sementara, konsumsi video YouTube naik 40 persen, kata Veronica.

Veronica mengungkapkan angka tersebut didapatkan pihaknya dari catatan waktu menonton pengguna dalam 100 saluran teratas di YouTube.

“Saat sahur orang-orang menonton video. Kemudian biasanya mereka makan siang, sekarang jadi mereka habiskan waktu sekitar satu jam untuk menonton video,” jelasnya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top