Informasi Publik

Selain Luwak White Koffie, Makanan Ini Juga Pasti Menyala Jika Dibakar

Screenshot ( Foto/dok : piah.com/fajri )

PIAH.COM – Belum lama ini netizen dihebohkan dengan video yang menampilkan kopi kemasan sachet luwak white koffie yang mudah terbakar, dan diduga mengandung mesiu.

Namun kabar tersebut adalah hoax, dapat dibaca selengkapnya di artikel berikut : Luwak White Koffie Mudah Terbakar atau Mengandung Mesiu itu Hoax.

Nah selain luwak white koffie, ternyata beberapa makanan ini juga pasti menyala saat dibakar, berikut daftarnya.

 

1.Kerupuk

Kerupuk terbuat dari 75 persen tapioka yang akan bereaksi menjadi karbon saat dibakar. Terlebih jika kerupuknya digoreng dengan minyak.

 

2. Biskuit Keju

Sempat beredar hoax tentang biskuit mengandung lilin yang menyala saat dibakar. Biskuit tersebut terbakar tidak lain karena ada unsur karbon di dalamnya.

 

3. Bihun

Bihun juga tak lepas dari hoax. Sebuah video eksperimen menunjukkan mi kering berwarna putih itu terbakar saat disulut api. Wajar, karena mengandung pati yang tersusun antara lain dari unsur karbon.

 

4. Mie Instan

Mi instan setali tiga uang dengan kopi instan, disebut mengandung bahan berbahaya hanya karena menyala saat dibakar. Seperti halnya bihun, mi instan juga menyala karena terbuat dari tepung.

 

5. Gorengan

Hoax tentang ‘gorengan mengandung plastik’ pernah juga dibumbui dengan eksperimen bakar membakar. Plastik merupakan polimer yang sulit larut dalam minyak panas sekalipun, dan terbakarnya gorengan saat disulut api sebenarnya lebih dimungkinkan karena minyaknya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top