News

Selfie di Area TPS Unik, Akan Mendapatkan Hadiah Ratusan Juta

PIAH.COM – Demi menciptakan pesta demokrasi yang begitu inovatif dan mengasyikan, sehingga masyarakat akan semangat untuk datang ke TPS, tentu hal itu haruslah di lakukan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat sayembara dengan total hadiah Rp 120 juta bagi penyelenggara dan pemilih kreatif dalam pemungutan suara Pemilu 2019, hal ini untuk memeriahkan dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Emil, sapaan Ridwan, mengatakan ada empat kategori lomba yang digelar bagi penyelenggara dan pemilih di Jawa Barat, setiap kategori juara pertama hadiahnya Rp 15 juta, kedua Rp 10 juta dan ketiga Rp 5 juta.

“Kategori pertama saya akan apresiasi TPS dengan dekorasi terunik,” kata Emil dalam kegiatan Jawa Barat punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa 16/04/2019.

Selain unik, Emil juga akan mengapresiasi TPS dengan angka partisipasi pemilih tertinggi di Jabar. Tidak hanya itu, ada juga kategori TPS heroik dalam artian cerita perjuangan penyelenggara pemilu versi jurnalis.

“Untuk TPS yang terheroik, kami akan melihat dari versi wartawan. Biar wartawan yang menentukan mana TPS paling heroik,” tutur dia.

Orang nomor satu di Jabar ini juga menyiapkan hadiah untuk pemilih yang mencoblos di TPS. Syaratnya, pemilih berfoto selfie di depan TPS dengan gaya yang unik sambil memperlihatkan tinta di jari kelingkingnya.

“Jadi selfienya harus di depan TPS bukan di bilik suara. Harus netral juga tidak memperlihatkan dukungannya,” ucap Emil.

Sekda Jabar Iwa Karniwa menjelaskan lomba pemilu tersebut berasal dari dana operasional pribadi gubernur, bukan dianggarkan pemerintah. Pasalnya sayembara tersebut dilakukan secara spontanitas.

Hal itu untuk memeriahkan dan meningkatkan angka partisipasi pemilih yang ditargetkan 80 persen di Jabar.

“Itu dana pribadi, dana operasionalnya beliau (Gubernur) dalam rangka pesta demokrasi yang diiringi kegembiraan. Dana operasionalnya ini untuk pemilih dan penyelenggara. Ini spontanitas menggunakan operasional beliau,” ujar Iwa.

Tata cara sayembara bagi penyelenggara dan pemilih pemilu ini segera diumumkan di akun media sosial Humas Pemprov Jabar.

Tentu hal yang seperti ini haruslah di lakukan oleh tokoh masyarakat di Pemerintah, karena dapat membuat masyarakat menjadi antusias, dan dimana membuta situasi pilpres menjadi lebih menyenangkan, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top