Tips & Trik

Sering Kebelet? Ini Tips Nggak Gampang Beser saat Perjalanan Mudik

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Beser adalah keinginan untuk buang air kecil yang nggak ada habisnya. Beser saat melakukan perjalanan mudik tentu hal yang ingin dihindari.

Bolak-balik ke toilet umum karena beser nampaknya menjadi hal terakhir yang diharapkan oleh para pemudik. Biasanya, beser disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi cairan.

Ahli urologi dari RS Mayapada, dr dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, memberikan tips nih agar nggak gampang beser saat perjalanan mudik. Salah satunya dengan mengelola asupan cairan sebelum dan selama perjalanan.

“Perjalanan jauh sebelum berangkat minum banyak tetapi sebelum berangkat pipis dulu, dalam perjalanan minum sedikit-sedikit,” ujarnya.

dr Akbari menambahkan, perbanyak minum saat sahur. Jika memungkinkan, minum 4 gelas air. Meski ada konsekuensinya, minum banyak air saat sahur bisa membuatmu ingin pipis lebih cepat jadi bisa buang air kecil dulu di rumah.

“Bagi yang tidak berpuasa, bisa minum 1 gelas sebelum perjalanan. Minum dalam perjalanan secukupnya, 1 gelas cukup jika haus banget,” tambahnya.

Selain itu, dr Akbari menyarankan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan manis karena mengakibatkan gampang haus. Juga, hindari minuman yang mengandung efek diuretik seperti kopi, teh, atau minuman bersoda.

“Jika membawa perbekalan seperti jus buah atau teh, sebaiknya tidak terlalu manis, karena cenderung jadi haus,” pungkasnya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top