Edukasi

Sering Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Pernah mendengar seseorang melarang kita untuk sering minum air es, dengan alasan bisa menyebabkan gemuk atau perut buncit?

Penjelasan dari larangan itu kadang bikin senyum sendiri, karena menurut mitos tersebut, air dingin akan membekukan lemak di area pencernaan dan perut, sehingga tidak mudah dicerna. Hasilnya Anda jadi gemuk.

Apakah itu hanya mitos atau benar-benar demikian faktanya? Berikut penjelasannya.

Saat Anda minum, apakah air tersebut bersuhu dingin atau hangat (jangan minum air panas) maka air akan segera disesuaikan suhunya dengan panas tubuh.

Jika airnya dingin maka tubuh akan membuatnya menjadi hangat sama dengan suhu tubuh Anda. Karena itu tidak benar bahwa air dingin yang Anda minum akan membekukan lemak di perut.

Yang membuat seseorang bertambah berat badannya akibat minum es, adalah apabila es yang Anda minum mengandung banyak gula.

Misalnya minuman soda, yang diberi tambahan susu dan berbagai makanan manis lainnya. Jika hanya air bening saja maka tentu tak akan menyebabkan gemuk.

Banyak minum air es bahkan disebut bisa membantu melangsingkan tubuh, karena ia membuat Anda kenyang dan enggan makan banyak. Selain itu, kalori tubuh yang digunakan untuk menaikkan suhu air es tersebut akan banyak terbuang.

Jadi Anda bisa lebih langsing dengan banyak minum air es, tanpa tambahan gula atau makanan kaya kalori lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top