News

Siswa SMA di Gorontalo Diperiksa Polisi Karena Sebarkan Hoaks Lion Air JT-610

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Seorang siswa SMA di Kota Gorontalo telah dijemput oleh tim Cyber Ditreskrimsus Polda Gorontalo karena menyebarkan berita bohong soal detik-detik jatuhnya pesawat Lion JT-610.

“Selasa (6/11) pagi kemarin sekitar pukul 10.00 Wita telah dilakukan penjemputan terhadap seorang pelajar kelas 12 di salah satu SMA di Kota Gorontalo . Penjemputan atas Dasar laporan Informasi dari Dittipidsiber Bareskrim Polri Nomor: R/LI/1891/XI/2018/Dittipidsiber, Tanggal 01 November 2018 lalu tentang adanya berita Hoaks terkait Jatuhnya pesawat Lion Air Jt 610, yang disebarkan melalui akun FB miliknya,” kata Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, Rabu (7/11/2018).

Dari pemeriksaan terhadap siswa yang berinisial MRZ tersebut, ia mengaku telah memposting berita hoaks tentang jatuhnya pesawat Lion Air pada hari Rabu (31/10/2018) menggunakan ponsel miliknya.

“Pelaku memposting video dalam akun pribadinya berupa keadaan di dalam pesawat Lion Air yang menunjukkan kepanikan-kepanikan penumpang pada saat terbang dengan durasi video kurang lebih 3 menit,” ucap mantan Kapolres Bone Bolango.

Menurut Wahyu, postingan tersebut dimaksudkan agar orang yang melihat unggahan tersebut menganggap bahwa pesawat Lion Air JT 610 jatuh, Senin (29/10). Pelaku tidak memastikan terlebih dahulu kondisi yang sebenarnya terkait peristiwa pesawat Lion Air dan yang bersangkutan baru menyadarinya setelah melihat siaran di TV bahwa postingan yang dia buat itu adalah palsu.

“Barang Bukti yang kita sita 1 unit Handphone warna silver, 1 buah kartu seluler Telkomsel. Saat ini kita sangkakan dengan pasal Pasal 14 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman 2 sampai 10 tahun penjara. Saat ini pelaku belum ditahan dan masih dalam penyelidikan,” lanjut Wahyu.

Dia juga mengingatkan, agar masyarakat lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial. Jangan mudah percaya pada berita yang tersebar dan pastikan kebenarannya dari sumber yang bisa dipercaya. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon