Anti Berita Hoax

Tanggulangi Berita Hoax Pilpres 2019, Polisi Siapkan Satgas Nusantara

Polisi Siapkan Satgas Nusantara Tanggulangi Berita Hoax Pilpres 2019. Foto: ISTIMEWAH

PIAH.COM – Arus informasi yang ‘liar’ di media sosial terus mengalir bak air baik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dan tak bisa dibendung masyarakat.

Untuk membendung arus informasi yang tak terkendali di masyarakat, Polri membentuk tim khusus yakni Satgas Nusantara untuk menangani berita bohong alias hoax tersebut. 

“Karena sudah masuk masa kampanye, yang kita antisipasi kampanye hitam, hoax yang bisa membuat situasi masyarakat jadi terpecah,” tutur Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis di Gedung Promoter, Mapolda Metro Jaya, Senin (24/9/2018).

“Namun secara komprehensif, Mabes Polri sudah membentuk yang namanya Satgas Nusantara. Kita juga bagian dari Satgas Nusantara. Untuk melakukan deteksi dini terhadap medsos yang mengarah kepada hoax maupun kampanye hitam,” ucapnya lagi.

Aparat gabungan dalam Satgas Nusantara yang terdiri atas unsur kepolisian dan TNI juga siap diturunkan ke lapangan untuk menjaga stabilitas keamanan di  Kota Jakarta.

“Kami akan mempersiapkan 2/3 dari kekuatan kita. Kurang lebih Polda Metro Jaya itu ada sekitar 16.000 orang bersama dengan teman-teman TNI,” kata Idham Azis.

“Itu juga tentu kita melihat situasi kalau nanti kekurangan kita lapor ke Mabes Polri. Mungkin nanti kita back up oleh pasukan cadangan dari Mabes Polri,” katanya.

Aparat gabungan akan fokus pada pengamanan terkait terorisme beserta kejahatan lain yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolda percaya, pihaknya  bisa mengatasi berbagai macam permasalahan, terlebih sudah berpengalaman mengatasi pemilu saat Jakarta menggelar Pilkada DKI Jakarta.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendatangi Mapolda Metro Jaya untuk menghadiri Rapat Teleconfrence Pelaksanaan Pemilu 2019, Senin (24/9/2018), mengatakan, akan melakukan sosialiasi berupa penyelenggaraan kampanye damai hingga ke tingkat terbawah.

“Kami dari seluruh jajaran Forkopimda nanti akan menyiapkan kegiatan-kegiatan untuk mengantisipasi dan menyiapkan kondisi yang kondusif di Jakarta,” kata Anies Baswedan.

Menurut dia, banyak aktivitas akan disiapkan untuk menyambut pelaksanaan Pilpres 2019 sebagai semangat demokrasi. (den/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top