Tekno

Tangkal Hoax, Whatsapp Uji Coba Fitur Pencarian Gambar

Foto: Istimewa

PIAH.COM –WhatsApp kini dikabarkan sedang mengerjakan fitur baru utama untuk mengatasi penyebaran informasi. Aplikasi obrolan yang dimiliki Facebook sedang menguji secara internal opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk memverifikasi keabsahan gambar yang telah mereka terima di chat WhatsApp. dengan begitu para pengguna dapat memeriksa apakah mereka pernah muncul di web sebelumnya.

Dilansir dari WABetaInfo, Minggu (17/3), fitur yang tidak disebutkan namanya tersebut bekerjasama dengan Google. Dengan begitu, pengguna dapat langsung terhubung dengan pencarian gambar.

Langkah dari fitur adalah solusi cerdas oleh WhatsApp guna melindungi semua pesan dan konten media pada platformnya dengan enkripsi.

Para pengguna di negara berkembang cukup sering membagikan pesan dengan gambar. Salah satunya India, kerap membagikan pesan dengan sarat informasi palsu. Dengan fitur ini diharapkan dapat memverifikasi fakta.

Selain itu, guna meminimalisir misinformasi Whatsapp juga telah mengeluarkan fitur pembatasan foward hanya untuk 5 kontak pada Januari 2019. Tujuan batasan ini untuk mengurangi tingkat viralnya sebuah pesan atau broadcastdalam aplikasi chatting tersebut.

Upaya ini didasarkan karena Pesan berantai merupakan sumber utama dari masalah fenomena hoaks. Awalnya, fitur ini diberlakukan di India dengan batasan lima kali forward. Sedangkan global memiliki batasan maksimal 20 kali forward.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top