Sains

Teknologi Komunikasi Laser Akan Diuji untuk Komunikasi Radio

Foto: Istimewah

PIAH.COM – Kementrian Pertahanan Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba jaringan komunikasi baru dengan menggunakan laser. Salah seorang peneliti menggambarkannya sebagai komunikasi serat optik tanpa serat.

Badan Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA) mendapatkan dana sebesar Rp656 miliar untuk melakukan pengembangan sistem sensor dan perangkat keras yang memungkinkan tentara untuk berkomunikasi dengan laser. Bahkan jika musuh menggunakan radio jammer, sesuatu yang telah diuji oleh China dan Rusia mampu menyadapnya.

Marinir di Camp Hansen di pulau Jepang Okinawa sedang melakukan pengujian Jaringan Komunikasi Taktis Line-of-sight Optical (TALON) pada 21 Agustus, yang mentransfer data pada laser inframerah. Teknologi sinar laser inframerah dijamin aman dan terpisah dari spektrum frekuensi radio.

“Kami keluar ke Okinawa karena itu adalah salah satu lingkungan yang paling lembab, dengan cuaca sangat bervariasi pada skala waktu yang sangat singkat,” kata Dr. Linda Thomas, seorang insinyur peneliti senior dari Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS.

“Ini (cuaca) bisa berubah dari bagus dan cerah hingga hujan lebat. Kami melihat bagaimana sistem beroperasi dan menangani kondisi ini dan bagaimana kami dapat memenuhi kebutuhan Korps Marinir mendatang dengan lebih baik,” imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (25/8/2018).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top