Sains

Teknologi Mikroturbin Penghasil Listrik dari Air Hujan

ilustrasi. foto: Istimewah

PIAH.COM – Dengan mengumpulkan air hujan, mahasiswa Technological University of Mexico (UNITEC) mampu menghasilkan listrik dengan menggunakan mikroturbin dan memasok kebutuhan air ke rumah-rumah di komunitas miskin di Iztapalapa, Mexico City.

Sistem ini mirip dengan yang digunakan di bendungan, yang menggunakan air hujan untuk memutar mikroturbin dan menghasilkan listrik. Kondisi saat ini, masih hanya mungkin untuk mengisi ulang baterai portabel 12 volt, yang energinya cukup untuk menyalakan lampu LED namun tidak memberikan tenaga ke seluruh rumah.

Menurut Omar Enrique Leyva Coca, sistem yang disebut “Pluvia” mengumpulkan hujan dari atap rumah, di mana permukaannya harus disesuaikan. Sehingga air akan mengalir ke selokan, jika plafon tidak dapat dimodifikasi, maka dapat ditambahkan lembaran untuk mensimulasikan kemiringan dan mengarahkan fluida ke satu arah. Omar Enrique Leyva Coca, mengembangkan proyek tersebut dengan Romel Brown dan Gustavo Rivero Velázquez.

Untuk memilih pipa yang tepat, sebuah pekerjaan aritmatika dilakukan yang menentukan diameter tabung dalam kaitannya dengan area atap. Dengan demikian cairan mencapai filter pertama, yang bertanggung jawab untuk memisahkan air dari dua minggu pertama di awal musim yang umumnya mengandung keasaman, tanah dan kontaminan yang lebih tinggi, mengirimkannya ke tangki penyimpanan.

Cola Leyva menambahkan, melalui pompa, tekanan air yang diperlukan diberikan untuk mendorong mikrotrubin yang dirancang dengan tujuan menghasilkan listrik, yang terakumulasi dalam baterai 12 volt yang dapat diisi ulang dan digunakan untuk menyalakan lampu LED.

Setelah air melewati turbin, diarahkan ke filter arang aktif, yang menghilangkan bau, rasa dan warna. “Dengan filter terbaru ini, cairannya setara atau lebih bersih dari air di sistem pasokan jaringan Kota Meksiko,” jelas Coca Leyva.

Energi ini bisa menyalakan lampu LED dan peralatan kecil lainnya seperti kulkas atau kipas meja maksimal 12 volt. Namun, mahasiswa arsitektur di UNITEC mencari untuk meningkatkan kekuatan sistem penyimpanan dan mikroturbine untuk memasok listrik dan air ke lebih banyak rumah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top