News

Terkait Kasus HOAX Penculikan Anak dan Lion Air, Polisi Tetapkan Tiga Orang sebagai Tersangka

PIAH.COM – Pihak kepolsian kembali menetapkan tiga orang menjadi tersangka atas penyeberan berita bohong atau hoaks. Hingga saat ini sudah 16 orang menjadi tersangka atas kasus berita bohong mengenai penculikan anak.

16 orang sudah menjadi tersangka terdiri dari penyebaran hoaks mengenai jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT – 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

“Untuk tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka ini, mereka menyebarkan hoaks soal penculikan anak,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Adapun ketiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka itu adalah, MRZ (18), AZ (21) dan N (29). Sementara 13 tersangka sebelummya adalah, D (41), EW (31), RA (33), JHS (31), DNL (20), N (23), A (30), O (30), TK (34), S (33), NY (22), dan UST (28), VGC (44).

Dari 16 tersangka, delapan diantaranya adalah berjenis kelamin perempuan sedangkan yang lainya adalah pria.

Menurut Kadiv Huma Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto sebelumnya menegaskan, dewasa ini yang terpenting adalah, adanya kesadaran proses literasi digital atau penyaringan informasi di dunia maya. Selain itu, Setyo menekankan, hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku yang menyebarkan hoaks.

“Gunakan saja medsos, WA untuk yang baik-baik saja. Tahan jempolnya. Saring dulu baru sharing atau think before posting,” tutur Setyo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon