MITOS

Tertular Kutu Dari Orang Lain itu Salah, Ini 4 Mitos Keliru Tentang Kutu!

Ilustrasi rambut gatal ( Foto : Istimewa )

PIAH.COM – Kutu rambut adalah serangga penghisap darah yang bersarang di rambut manusia. Selain menghisap darah, mereka juga berkembang biak di sana. Banyak orang yang percaya terdapat kutu karena tertular kutu dari orang lain.

Namun banyak info soal kutu yang ternyata adalah mitos belaka, banyak orang yang merasa aman tanpa kutu karena selalu menjaga kebersihan kesehatan rambutnya, mitos lain juga ada yang mengatakan jika kutu dapat menular dari orang lain dengan cara meloncat dari satu kepala ke kepala lain, benarkah begitu?

Setelah diteliti ternyata hampir semua info tersebut adalah mitos, PIAH.com telah mengumpulkan informasi terkait soal kutu yang masih dipercayai banyak orang dari berbagai sumber terpercaya. Yuk Simak.

 

1. Rambut yang bersih aman dari kutu? itu salah!

Banyak informasi yang beredar di masyarakat Indonesia, orang tua menyuruh anaknya untuk terus menjaga kesehatan rambutnya agar terhindar dari kutu, faktanya, kebersihan rambut ternyata tidak ada hubungannya dengan kemungkinan terdapat kutu atau tidak.

Bahkan sebaliknya, kutu rambut itu sama sekali tidak tertarik dengan rambut kotor. Menurut Klinik Kutu Rambut di Amerika, walaupun rambut Anda bersih, kotor, basah atau kering, tetap memiliki risiko yang sama terinfeksi.

Walaupun kita membersihkan rambut setiap hari, kutu itu tetap tidak akan bisa dihilangkan begitu saja.

 

2. Kutu dapat loncat dari orang satu ke orang lainnya? ngawur!

Kutu tidak dapat loncat, terbang, atau lompat dari rambut orang satu ke yang lain. Menurut hasil penelitian Verywell Health, Anda hanya akan mungkin tertular kutu rambut apabila menggunakan alat-alat rambut yang digunakan oleh penderita.

Seperti sisir dan topi. Kutu adalah hewan perayap, jadi jangan khawatir apalagi menghindari orang-orang yang terinfeksi kutu, selama Anda tidak bergiliran menggunakan alat-alat rambut dengan orang yang terinfeksi.

 

3. Rajin pakai sampo, bisa hilangkan kutu?

Kebanyakan orang tua menyuruh anaknya untuk rajin sampoan agar terhindar dari kutu, faktanya itu salah. Kutu dewasa melekat kuat pada folikel rambut

Sementara telur kutu sangat lengket dan melekat pada rambut sehingga susah untuk disingkirkan. Dan kabar menghebohkannya lagi, kutu-kutu tersebut juga tidak peduli dengan jenis sampo yang digunakan.

 

4. Rambut yang tidak gatal tidak memiliki kutu

Rambut Anda tidak gatal bukan berarti Anda tidak terinfeksi kutu, menurut Head Lice Center, masih ada kemungkinan terinfeksi kutu walaupun Anda tidak mengalami gejala atau pertanda terinfeksi kutu selama empat sampai enam minggu.

Karena sebenarnya, Anda tidak akan merasakan gatal selama satu bulan atau lebih setelah terinfeksi.

 

Mengobati dan Mencegah Terinfeksi Kutu Rambut

1. Mengobati Kutu Rambut

Sebelum Anda mengobati kutu rambut dengan menggunakan obat-obatan, direkomendasi untuk Anda lebih dulu menanganinya dengan cara tradisional, yaitu menyerit rambut.

Cara sederhana ini sama seperti langkah-langkah mendeteksi keberadaan kutu rambut dengan memakai sisir serit. Metode penyisiran yang sebaiknya digunakan adalah dengan cara basah. Ulangi penyisiran di hari kelima, kesembilan, ketiga belas, dan ketujuhbelas.

Pemeriksaan ke dokter hanya dianjurkan jika obat kutu rambut yang Anda beli langsung di apotek tidak menunjukkan hasilnya.

 

2. Mencegah Kutu Rambut

Mencegah penyebaran kutu rambut adalah hal yang sulit. Walau demikian, ada beberapa tips pencegahan kutu rambut yang bisa diterapkan kepada diri sendiri, anak, atau keluarga, antara lain:

  • Hindari kontak kepala dengan kepala saat melakukan aktivitas di dalam rumah atau di luar rumah.
  • Rutin memeriksa keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit sebagai penanganan dini sebelum menyebar pada orang lain.
  • Sebisa mungkin menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan jika perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
  • Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, pakaian, dan sebagainya untuk mencegah penularan kutu rambut. (faj/piah)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top