Edukasi

Tips Ampuh Agar Ketupat Tak Basi!

PIAH.COM – Saat lebaran, salah satu sajian khas yang tak boleh kelewatan adalah ketupat. Makanan dengan bahan beras dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang masih muda ini pasti jadi incaran saat keluarga berkumpul dan merayakan hari raya.

Tapi ketupat pun juga butuh perlakuan yang tepat agar tak cepat basi. Ketupat bisa bertahan lama dan bisa dimakan kapan pun jika kamu tahu cara menyimpannya. Tak butuh bahan-bahan kimia pengawet kok jika ingin ketupat tahan lama atau tak mudah basi. Hanya tips ini yang kamu butuhkan.

Proses Perebusan
Saat proses perebusan, pastikan seluruh bagian ketupat sudah benar-benar terendam dengan air. Agar ketupat dapat matang dengan sempurna. Jika pada saat perebusan air berkurang, tambahkan dengan air mendidih. Lama merebus ketupat yakni antara 4-5 jam.

Manfaatnya Kalau Digantung
Tanpa disadari menggantung ketupat sesaat setelah matang juga dapat membuat ketupat lebih tahan lama, lho. Ketupat yang digantung bertujuan untuk menghilangkan kandungan air yang masih tertinggal. Karena, jika ketupat dibiarkan berair dan lembab akan memicu tumbuhnya bakteri, dan menyebabkan ketupat tidak tahan lama. Ketupat yang digantung akan bertahan hingga empat hari.

Masuk Lemari Pendingin
Selain digantung, ketupat juga bisa dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Cukup bungkus ketupat ke dalam plastik.

Perhatikan! Jangan sampai ada lubang pada plastik yang digunakan. Karena lubang akan membuat ketupat menjadi basah, dan menjadi tidak tahan lama. Ketupat yang disimpan di dalam lemari pendingin akan bertahan antara 4-7 hari.

Jangan Simpan di Tempat Lembab
Ketupat juga tidak boleh disimpan disembarang tempat. Tempat yang tepat untuk menyimpan ketupat adalah tempat yang kering. Jangan menyimpan ketupat di tempat yang lembab, karena akan menyebabkan timbulnya jamur. (evo/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top