Tips & Trik

Tips Jitu Agar Terhindar dari Berita Hoax Menjelang Pilpers 2019

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Dengan adanya kecanggihan teknologi, saat ini siapa pun bisa dengan mudah menyalahgunakan media untuk dijadikan sarana penyebaran berita hoax, sehingga dapat menimbulkan kehebohan serta perpecahan antara satu sama lain.

Nah, supaya Anda lebih bijak dalam menyaring kebenaran suatu berita agar tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, maka cobalah tips berikut ini:

1. Waspada dengan Judul yang Provokatif
Adanya judul yang provokatif tentu akan meningkatkan rasa penasaran bagi siapa pun yang melihatnya, sehingga membuat kita justru tidak membaca isi dari berita tersebut dan hanya fokus pada headline-nya saja.

2. Baca Berita Hingga Tuntas
Yuk, biasakan membaca berita hingga tuntas dan pahami isi berita dengan benar. Sebab isi berita hoax biasanya akan bertele-tele dan bersifat rancu yang menyebabkan pembaca menjadi bingung dan salah paham.

3. Cek Sumber Berita
Semakin banyak jenis media sosial, tentu semakin banyak pula pesan broadcasting yang disebarkan dengan mengatasnamakan sumber tertentu. Nah, ketika mendapat pesan tersebut sebaiknya kita lebih teliti dan ikut menelusuri sumber yang dimaksud untuk memastikan keasliannya.

4. Jangan Fokus pada Satu Berita
Bila suatu topik sedang menjadi perbincangan yang hangat, secara tidak langsung kita akan fokus pada satu berita saja, kan? Nah, penting banget untuk mencari tahu kebenarannya dengan mengumpulkan data dari berbagai portal media. Terlebih bila mendapatkan sebuah pesan yang hanya memiliki keterangan “dari grup sebelah” .

5. Cek Kebenaran Gambar atau Video
Sebuah gambar atau video ternyata bisa memikat pembaca untuk langsung memercayai berita. Padahal bisa saja gambar yang digunakan tidak ada kaitannya dengan berita yang disampaikan. Jadi, buat Anda yang masih belum yakin, tidak ada salahnya untuk mencari tahu kebenaran dan keaslian gambar atau video tersebut.

6. Jangan Langsung Share
Kalau memang belum terbukti kejelasannya, jangan sampai kita justru ikut membantu dalam menyebarkan berita hoax tersebut. Pastikan kita sudah mengecek kebenarannya dengan melakukan langkah-langkah di atas, ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top