Berita Hoax

Video Aksi Demo Ricuh Didepan Gedung MK itu Hoax

Screenshot ( Foto/dok : PIAH.com)

PIAH.COM – Video yang menampilkan demo ricuh yang terjadi di depan Mahkamah Konstitusi (MK) beredar di media sosial. Hal itupun menarik banyak perhatian netizen, ragam komentarpun mengujani video tersebut.

Banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang seenaknya memberikan deskripsi pada video tersebut. Salah satunya ialah menginformasikan bahwa kejadian tersebut adalah demo mahasiswa.

Setelah dimintai konfirmasi mengenai hal itu, Polri menegaskan bahwa itu HOAX. Kejadian dalam video tersebut memang benar namun itu bukanlah demo ricuh mahasiswa, tetapi adalah ‘Simulasi’ demo pemilu.

Polri dan TNI melakukan simulasi pengamanan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) jelang Pemilu 2019 pagi tadi. Namun karena ulah oknum tak bertanggung jawab yang mengubah tema pada kejadian tersebut menjadi demo ricuh mahasiswa.

“Berkaitan dengan berita yang cukup banyak di media sosial, di Whatsapp Group, bahwa ada kericuhan di sekitar MK, itu hoax,” tegas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat (14/9/2018).

Dedi menuturkan kegiatan simulasi pengamanan gedung MK berjalan kondusif, namun ada pihak yang menggabungkan kegiatan simulasi dengan video demo ricuh yang terjadi pada 8 Maret 2014.

“Kegiatan tadi pagi itu, pelaksanaan latihan gabungan Polri-TNI mengamankan gedung MK dan itu sangat kondusif. Itu yang video rusuh itu kejadian 8 Maret 2014,” jelas Dedi.

Berikut postingannya.

 

Narasi singkat Simulasi Pengamanan Gedung MK

Diketahui, simulasi tersebut dimulai dengan sejumlah massa tengah melakukan aksi di depan MK, lalu massa menjadi beringas dan ricuh. Massa sempat melempari aparat dengan sejumlah benda.

Kemudian polisi mengerahkan water cannon yang telah disiagakan menyemprot massa. Tidak hanya itu, massa juga sempat disemprot dengan gas air mata. Tapi sekali lagi itu semua hanya SIMULASI.

 

Sekali lagi kami himbau kepada masyarakat, untuk jangan langsung percaya pada berita yang berbentuk tulisan atau visual yang masih mengambang. Cobalah cari tau akan kebenarannya, jika sudah menemukan kebenarannya dari sumber yang benar-benar terpercaya, beritahulah orang disekitarmu bahwa beritu itu adalah hoax atau palsu.

Mari kita semua bersama-sama berantas hoax. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon