Berita Hoax

Video dan Foto Gunung Soputan Meletus dan Mengeluarkan Lava itu Hoax

Screenshot Video ( Foto/dok : piah.com/fajri )

PIAH.COM – Beredar sebuah video dan foto di sosial media terkait meletusnya Gunung Soputan yang berada di Sulawesi Utara, Rabu (3/10/2018), 08.47 WITA.

Beberapa dari video dan foto yang beredar tersebut memperlihatkan gunung mengeluarkan lava yang melebur dan asap yang tebal dan besar. Sayangnya foto dan video yang diunggah tersebut merupakan hoax alias bohong.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengkonfirmasi gambar dan video gunung meletus yang tersebar di media sosial tersebut bukanlah letusan Gunung Soputan, Sulawesi Utara.
Sutopo menyebutkan gambar dan video letusan gunung berapi yang tersebar di media sosial itu merupakan kejadian meletusnya berbagai gunung berapi beberapa waktu lalu. Hal itu dikatakannya di akun twitter pribadinya @Sutopo_PN, pada Rabu (3/10).

Salah satunya adalah video erupsi gunung yang lalu mengeluarkan asap yang tebal dan besar, Dikatakan Sutopo, video tersebut bukanlah erupsi Gunung Soputan, melainkan Ini erupsi gunung di Amerika Selatan.

Diciutan lainnya Sutopo mengatakan “Ini bukan letusan Gunung Soputan. Foto ini hoaks. Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoaks,” lanjut Sutopo.

Sedangkan video yang menampilkan Gunung yang mengeluarkan lava, Sutopo mengklarifikasi “Video ini HOAX. Ini bukan lava Gunung Soputan. Gunung Soputan meletus pada 3/8/2018 pukul 08.47 WITA. Tapi tidak mengeluarkan lava keluar dari kawah. Abaikan dan delete jika menerima video ini di medsos,” imbuhnya.

Video gunung yang mengeluarkan lava tersebut diambil dari peristiwa yang terjadi di Hawai, Gunung Sinabung, dan Gunung Api Fuego di Guatemala pada (04/06/2018).

Sutopo mengimbau kepada netizen agar tidak ikut menyebarkan informasi hoaks tersebut ke media sosial, karena dapat menimbulkan rasa resah kepada masyarakat yang tidak tau-menau. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top