Edukasi

Video Viral Muncul 4 Matahari di Kepulauan Riau Tanda Kiamat? Itu HOAX, Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Foto: Screenshot via YouTube

PIAH.COM – Masyarakat kembali dibuat heboh dengan munculnya sebuah video viral yang diunggah lagi belum lama ini. Didalam video yang menyebut bahwa telah muncul matahari sebanyak empat ini sering diklaim sebagai sebuah pertanda sesuatu atau lebih parahnya ada yang mengatakan dunia ini akan kiamat.

Video ini diunggah oleh akun youtube bernama Official Taman Surga dengan caption “Subhanallah!! Menghebohkan muncul 4 Matahari dalam satu saat di Kepulauan Riau Tadi pagi”.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi dengan fenomena tersebut? Selengkapnya akan kami coba menjelaskan terkait video munculnya Empat matahari dari beberapa sumber sebagai bahan refrensi penulisan ini.

Fenomena alam ini memang sering kali muncul di berbagai belahan dunia dan tidak tertutup kemungkinan terjadi juga di Indonesia. Pada kali ini masyarakat dihebohkan dengan video muncul empat matahari di wilayah Kepulauan Riaun yang diklaim menjadi sebuah pertanda kiamat.

Bagi mereka yang tidak tahu, mungkin banyak yang mengira jika kejadian tersebut merupakan tanda bahwa akan muncul kejadian yang tidak diinginkan. Bahwasanya didalam video tersebut bukanlah muncul empat matahari melainkan fenomena Sun Dog.

Fenomena Sun Dog atau Parhelion ini merupakan sebuah fenomena di mana kita melihat adanya tambahan cahaya di kedua sisi matahari. Sehingga banyak orang mengira jika cahaya tersebut adalah matahari tambahan dan sering dijadikan tanda bahwa bumi akan kiamat.

Sejatinya, fenomena Sun Dog ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Untuk pembentukan Sun Dogs sendiri berawal dari cahaya matahari yang menembus kumpulan dari lempeng-lempengan es kristal heksagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokan dengan sudut 22 derajat.

Singkatnya fenomena ini bisa disamakan dengan proses terbentuknya pelangi yang disebabkan oleh cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa.

Sedangkan Sun Dogs adalah fenomena optis yang menampakan titik-titik terang di langit sehingga seringkali dalam bentuknya menyerupai cincin halo di sekeliling matahari.

Umumnya Sun Dogs ini berwarna merah ketika berada pada jarak terdekat dengan matahari. Semakin jauh jaraknya maka warnanya akan mengarah ke biru.

Fenomena ini juga terjadi di Alexandria, Minnesota pada tahun 2007 dan di China tepatnya pada tanggal  25 Agustus 2010 silam.

Menanggapi hal ini, menurut ahli LAPAN menegaskan hal itu merupakan fenomena alam biasa dan sering terjadi, maka jangan dibuat dibesar-besarkan dan dijadikan bahan HOAX yang dapat membuat masyarakat bingung atau panik.

Selain itu Thomas Djamaludin peneliti senior astronomi dan astrofisika di Lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional Lapan, menjelaskan fenomena munculnya 4 matahari ini dinamakan Sun Dog atau anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil dari aslinya.

Dia menambahkan, fenomena ini disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh kristal es. Biasanya muncul di arah ufuk di mana matahari terbit belum terlalu jauh dari horizon atau kaki langit. Ketentuannya, di sekitar arah matahari muncul kristal-kristal es yang bisa membiaskan cahaya.

Biasanya, terjadi dua fenomena yaitu halo dan sun dog.Untuk halo sendiri, menurut Thomas, Indonesia sering mengalami kejadian yang sama meskipun tidak dengan sun dog.

“Ini sekadar pembiasan cahaya matahari yang muncul akibat kondisi lapisan atas awan cyrus sangat dingin. Bukan fenomena aneh kok”, ujar Thomas.

Memang benar bahwa Sun Dogs merupakan fenomena alam yang tidak berbahaya bagi manusia. Fenomena ini terjadi pada kondisi atmosferik yang sangat langka. Sangatlah beruntung bagi siapa yang dapat melihatnya secara langsung.

1 Comment

1 Comment

  1. Arief Suhartomo

    October 11, 18 @4:01 pm at 4:01 pm

    Klau Memang Terjadi berarti bukan HOAX dong, Mungkin kata2 Pertanda Kiamat yg HOAX, Tapi Sebtlnya Ya juga bukan Hoax, Karna kata2 pertanda Kiamat sdh dekat.dari dulu memanga ada, Kata2itu Biasa dipakai Agar menambah Keimanan Kita Kpd Allah SWT…… Masalah Terjadinya Kapan, Kita harus meyakini Hanya Allah SWT. yg Tahu (Bisa 1 detik lagi atau Ribuan Tahun lagi) ….. Tapi kita harus Acungkan Jempol.sama yg mengambil Videonya… Subhanallah …. Keren Buanget, Masyaallah, Bener2 Teori dan Analisa Ilmiah Terbukti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon