News

Viralnya Penyakit Cacar Monyet! Puskesmas Kelapa Gading Gelar Sosialisasi

PIAH.COM – Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox, diantisipasi petugas Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan menggelar sosialisasi. Kegiatan dilakukan, sebagai edukasi masyarakat mengenal penyakit.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Bambang Nugroho mengatakan, pihaknya mengantongi instruksi Kementerian Kesehatan, dalam menggelar sosialisasi tersebut.

“Ini penyakit yang awam, jarang masyarakat mengenalnya. Untuk itu kita sosialisasikan agar mereka teredukasi,” kata Bambang, saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (16/5).

Melalui sosialisasi ini, diharapkannya masyarakat lebih waspada terhadap gejala, penularan dan penanganan pertama terhadap penyakit cacar monyet. Jika terindikasi, pihaknya akan merujuk pasien ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) DR. Sulianti Saroso.

“Untuk saat ini sendiri memang belum ada wabah penyakit ini di Jakarta. Tapi sudah kita sosialisasi agar masyarakat lebih peduli terhadap penyakit ini,” jelasnya.

Sementara pemateri sosialisasi, dr Michelle mengungkapkan, gejala cacar monyet dapat dikenali dengan adanya kenaikan suhu tubuh, timbul pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot atau sendi, hingga munculnya bentol-bentol berisi cairan di kulit.

Objek penularnya virus dari hewan kera dan pengerat. Diakibatkan adanya kontak fisik dengan hewan yang diindikasi tidak sehat,” terangnya. Bila dirasa ada indikasi terjangkit, masyarakat pun diimbau untuk segera berobat ke puskesmas. (evo/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top