Edukasi

Vitamin C dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ketika Musim Hujan

Foto Ilustrasi: INT

PIAH.COM – Kekebalan tubuh dibentuk oleh sistem imun yang bertugas melawan kuman penyakit (bakteri, virus dan parasit), serta benda asing yang berpotensial merugikan tubuh.

Kekebalan tubuh yang tidak kuat saat musim hujan membuat seseorang rentan terkena penyakit. Salah satu solusinya adalah konsumsi vitamin C agar tubuh senantiasa terlindungi.

Penyakit, seperti batuk atau pilek, sebenarnya merupakan penyakit tidak berbahaya yang bisa menyerang siapa saja.

Jumlah penderita penyakit ini umumnya meningkat pada musim hujan. Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan orang untuk diam dalam ruangan selama musim hujan, sehingga lebih banyak kontak dengan orang lain.

Penularan penyakit juga lebih mudah terjadi selama musim hujan. Namun jangan khawatir, dengan kekebalan tubuh yang baik, Anda dapat terhindar dari penyakit ini.

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan konsumsi vitamin C. Secara alami vitamin C banyak ditemukan dalam buah dan sayur, contohnya pada jeruk, kiwi, stroberi, brokoli, paprika, kale, dan lain sebagainya.

Untuk melegkapi kebutuhan akan buah dan sayur ini, di pasaran juga tersedia berbagai pilihan suplemen vitamin C.

Secara ideal, kadar vitamin C dalam tubuh diharapkan berkisar antara 61-80 mmol/L. Orang dengan penyakit tertentu seperti diabetes, radang lambung, kanker dan sebagainya ditemukan memiliki kadar vitamin C yang rendah. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda disarankan mengonsumsi 1000mg vitamin C/hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top