MITOS

Waktu Liburan Tiba, Tapi Merasa Lelah dan Mengantuk? Ini Dia Penyebabnya

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Libur panjang merayakan Hari Natal dan Tahun baru tentu amat ditunggu-tunggu bagi anda yang selama ini disibukkan dengan pekerjaan atau aktivitas lain. Banyak rencana bermunculan, mulai dari sekadar jalan santai hingga rekreasi ke tempat-tempat unik.

Tapi apa mau dikata, saat libur tiba, anda malah merasa lelah dan mengantuk. Padahal di hari-hari biasa, meski disibukkan oleh rutinitas, anda merasa tidak se-ngantuk ini.

Anda tidak sendirian, kok. Banyak juga orang yang mengalami hal serupa. Lalu, mengapa saat liburan orang malah merasa lebih lelah dan mengantuk?

Menurut Profesor Dorothy Bruck mengatakan bahwa jika anda tidak tidur cukup selama ini, tubuh pun akan menyesuaikan saat waktu liburan anda.

Tubuh anda akan mencoba memulihkan dirinya lewat tidur, sehingga tak heran bila anda terus-menerus mengantuk. Sebenarnya tidak masalah jika anda tidur berjam-jam selama liburan.

“Orang perlu memprioritaskan tidur karena aktivitas ini sama pentingnya dengan makanan sehat dan berolahraga,” kata Bruck.

Namun, tetap perhatikan waktunya alias jangan berlebihan. Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang bikin anda lebih mengantuk saat libur atau bahkan mengalami gangguan tidur. Dikutip dari klikdokter, berikut di antaranya:

Minum alkohol

Liburan kali ini mungkin anda sering berkumpul bersama teman sambil minum wine atau bir. Minum minuman beralkohol memang bisa bikin orang mengantuk. Apalagi jika jumlah dan frekuensinya tidak diperhatikan, siap-siap saja tidur akan terganggu.

Pasalnya, tidur yang disebabkan oleh alkohol merupakan hasil dari melambatnya metabolisme pada tubuh, bukan karena lelah setelah seharian beraktivitas. Tak hanya itu, alkohol juga mampu memengaruhi melatonin, hormon yang membuat anda mengantuk sehingga anda bisa mengantuk lima atau tujuh malam berikutnya.

Guna meminimalkan hal ini, khususnya ketika sudah terlanjur minum alkohol, cobalah berikan jeda waktu, misalnya beberapa jam antara waktu minum dan tidur agar memiliki kualitas istirahat yang baik.

Makan terlalu banyak

Ketika menikmati liburan panjang atau akhir pekan, orang cenderung makan lebih banyak ketimbang hari-hari biasanya. Nantinya, hal ini akan berdampak pada sistem pencernaan karena mereka bekerja lebih keras dibanding hari biasa.

Anda juga biasanya akan mencoba makanan yang lebih bervariasi saat liburan. Jika anda makan makanan yang terlalu pedas, hal ini bisa memicu refluks dan dispepsia. Keduanya bisa mengganggu tidur anda.

Begitu juga dengan makanan tinggi gula, yang bisa membuat anda terstimulasi dan tidak mengantuk. Namun ada juga orang yang malah lelah dan mengantuk setelah mengonsumsi kue-kue manis, es krim, dan sejenisnya.

Terlalu lama tidur siang

Tidur siang ketika anda tidak harus bekerja adalah salah satu hal terindah dalam liburan. Namun ternyata, tidur siang terlalu lama bisa mengganggu tidur malam anda. Dan ketika tidur malam terganggu, anda pun akan merasa lebih lelah.

Menurut para ahli, tidur siang terlalu lama dapat melemahkan dorongan tubuh anda untuk tidur di malam hari. Waktu ideal untuk tidur siang adalah 20 sampai 30 menit. Jadi sebelum anda tidur siang, coba pasang alarm agar tidak kebablasan, ya.

Selain penyesuaian yang dilakukan tubuh, mudah lelah dan mengantuk saat liburan juga bisa disebabkan oleh tiga hal di atas. Pahamilah agar kebiasaan tersebut tidak mengganggu siklus tidur anda.

Yuk, manfaatkan liburan dengan sebaik-baiknya agar anda siap menyambut aktivitas normal kembali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon