Tips & Trik

Walau Sedang Berpuasa Harus Tetap Semangat Kerja, Ini Tipsnya!

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Memasuki hari ke-22 bulan Ramadan, sebagian umat muslim ada yang berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Hal itu lantaran, segala aktivitas yang dilakukan bernilai pahala.

Meski demikian, rasa lapar dan haus kerapkali dijadikan alasan seseorang untuk bermalasan dalam beraktivitas, terlebih bagi kalian yang masih harus bekerja meskipun sedang berpuasa.

Berikut 6 tips yang bisa diakukan untuk tetap bersemangat bekerja walaupun sedang berpuasa, seperti dibawah ini:

Niatkan Bekerja Hanya untuk Beribadah

Jika dirasa tidak bersemangat, coba cek kembali niat Anda bekerja di kantor apakah diniatkan untuk beribadah atau yang lainnya. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi kinerja Anda untuk mengerjakan tugas-tugas di kantor.

Tentunya harus dipahami pula bahwa niat bekerja bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi dibelakang Anda ada keluarga yang harus Anda nafkahi entah itu orang tua, istri, ataupun anak.

Nah, jika Anda sendiri tidak bersemangat ketika bekerja, lantas bagaimana akan mencapai keberkahan dalam bekerja?

Maka dari itu, periksa kembali niat Anda ketika bekerja. Jangan sampai niat tersebut mempengaruhi semangat Anda dalam mengerjakan tugas.

Jangan Terlalu Sering Melihat Jam

Mungkin terdengar aneh, tetapi inilah kenyataannya. Banyak orang yang rajin melihat jam untuk menghitung berapa lama lagi buka Puasa. Boleh jadi, ketika Anda membaca tips ini akan teringat masa-masa kecil dulu ketika baru belajar Puasa.

Situasi tersebut bisa pula terjadi ketika memang Anda sedang dikantor dan sedang banyak mengerjakan targetan pekerjaan.Oleh karena itu, agar tetap bersemangat ketika di kantor sebaiknya jangan terlalu sering melihat jam.

Karena jika Anda melihat jam dan tidak sesuai dengan harapan akan mempengaruhi mood Anda pada saat itu.Tak hanya membuat tidak bersemangat dalam bekerja, tetapi bisa membuat Anda tidak fokus mengerjakan pekerjaan pada saat itu.

Agar tidak terlalu sering melihat jam, maka Anda bisa melakukan kembali kegiatan-kegiatan yang telah dipaparkan pada poin ke 4. Ingat, dengan berpuasa tidak akan membuat Anda kelaparan. Justru disanalah letak pahala dan berkah untuk bisa Anda raih.

Jika dirasa sudah ‘’menganggu’’ aktivitas dan mood Anda, tidak ada salahnya untuk menonaktifkan atau menjauh terlebih dahulu dari jam tersebut.

Manfaatkan Waktu Istirahat Untuk Tidur Siang

Jika di bulan Puasa waktu istirahat digunakan untuk makan siang, tentunya di bulan Puasa tidak mungkin melakukan hal tersebut. Maka sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan istirahat untuk tidur siang selama 10-15 menit. Dengan waktu yang sebentar tersebut stamina Anda akan kembali fit.

Bahkan menurut penelitian, seseorang yang tidur siang selama 10-15 menit akan membuat Anda seseorang menjadi fokus.Bila sudah begitu, Anda pun akan bersemangat mengerjakan tugas kantor.

Dengan tidur siang pun selain menambah energi juga Anda tidak membuang energi dengan sia-sia. Dan pastinya, bisa menambah pahala di bulan Ramadhan.

Jika tidak memungkinkan untuk tidur siang karena tempat kerja tidak mendukung, sebaiknya cari kesibukkan lain yang lebih bermanfaat. Seperti membaca buku, mengaji, mengikuti kajian yang biasanya selalu ada di kantor-kantor, ataupun mengobrol dengan rekan kerja Anda.

Sibukkan Diri Dengan Beragam Aktivitas

Agar tetap bersemangat di kantor, sebaiknya sibukkan diri dengan beragam aktivitas yang menyenangkan dan Anda sukai. Bukan zamannya lagi, seseorang yang berpuasa menjadi lemah, lesu, dan juga tidak bersemangat.

Maka dari itu, Anda bisa menyibukkan diri dengan fokus pada pekerjaan yang dikerjakan sambil ditemani music dengan lirik yang penuh semangat pula.

Jika pekerjaan sudah selesai, Anda bisa menyibukkan diri dengan kegiatan lain seperti acara baksos, menghadiri kajian keilmuan tentang Ramadhan, silahturahmi, kontak teman lama untuk buka bersama, dan kegiatan positif lainnya yang bisa pula menambah pahala Anda di bulan Puasa.

Jangan patah semangat pula bila tidak ada rekan kerja yang mau diajak bersama-sama untuk aktivitas di atas.Justru, hal itu adalah kesempatan berharga untuk bisa menambah teman dan juga kerabat.

Dengan fokus pada aktivitas yang dikerjakan, maka Anda pun akan selalu bersemangat mengerjakan tugas-tugas kantor.Tetapi, jangan sampai banyaknya aktivitas tersebut membuat Anda lesu dan tidak bersemangat.

Maka dari itu, atur kembali jadwal aktivitas Anda selama sepekan. Kerjakan terlebih dahulu aktivitas prioritas yang harus dikerjakan.

Buka Puasa Bersama Rekan Kerja, Sahabat, atau Keluarga

Langkah berikutnya agar Anda tetap bersemangat dalam bekerja adalah dengan merencanakan buka Puasa bersama rekan kerja atau keluarga.

Berkumpul bersama orang-orang tersayang akan menambah energi Anda karena Anda pasti bahagia bertemu serta berkumpul bersama mereka.

Jika Anda ingin buka bersama rekan kerja, sebaiknya direncanakan jauh-jauh hari ketika pekerjaan Anda atau pekerjaan mereka telah selesai dikerjakan.Beda halnya dengan keluarga, sebaiknya Anda lebih sering meluangkan waktu berbuak Puasa bersama mereka untuk menjaga keharmonisan dan kehangatan dalam bekerja.

Maka, jika Anda buka Puasa bersama sahabat sebaiknya atur waktu yang pas dan tempat yang menyenangkan agar silahturahmi Anda bisa lebih lama.

Sesekali, jangan lupa pula untuk berbuka Puasa bersama anak yatim dan dhuafa. Karena senyum yang mereka torehkan bisa menambah energi baru untuk Anda.

Di bulan Puasa wajib untuk sering bersedekah karena itu bisa membuat harta Anda berkah dan bisa mendapatkan pahala berlimpah.

Tidur Yang Cukup

Karena di waktu pagi hari digunakan untuk sahur, sebaiknya hindari untuk begadang. Mengingat jam masuk kantor pun pagi hari, tentunya jika Anda begadang akan mempengaruhi kesehatan dan juga mood Anda.

Maka dari itu, lebih baik atur ulang jadwal sehari-hari Anda agar bisa tidur dengan cukup. Sebaiknya setelah Anda tarawih, segera istirahat untuk bisa menyiapkan sahur di awal waktu.

Jika Anda sudah berkeluarga, sebaiknya komunikasikan sedari awal agar bisa tidur dengan cukup dan di esok hari bisa kembali fit bekerja.

Adapun dengan menerapkan 6 tips ini maka dijamin kamu akan tetap bersemangat kerja meskipun tengah berpuasa. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top