News

Warga Ciliwung Diminta Waspada! Malam Ini Bogor Diguyur Hujan Deras, Bendungan Katulampa Siaga III,

Foto: Beritasatu

PIAH.COM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, khususnya di kawasan Puncak sejak Selasa (23/04) petang, membuat ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, naik secara drastis menjadi 110 centimeter atau berstatus Siaga III.

Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kenaikan debit air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa terjadi secara bertahap yang semula pada pukul 18.00 hanya 30 centimeter atau berstatus normal.

“Tiba-tiba setengah jam kemudian tepatnya pukul 18.29 WIB, Tinggi Muka Air (TMA) langsung naik drastis menjadi 110 dan masih bertahan hingga sekarang,” ujarnya, Selasa (23/4/2019) malam.

“Ketinggian debit air mencapai titik 170 sentimeter pukul 21.00 WIB,” kata Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, Selasa (23/4/2019).

Andi menjelaskan, kenaikan debit air tersebut karena hujan yang mengguyur wilayah Puncak sejak Selasa sore tadi. Sedikitnya, ada 400 ribu liter per detik air sungai Ciliwung yang mengalir di Bendung Katulampa.

Ia kemudian mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kondisi ini. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan petugas pintu air lainnya guna memantau ketinggian debit air.

“Kondisi di Puncak masih hujan. Kita akan terus memantau ketinggian air dan berkoordinasi dengan penjaga pintu air dan pihak lainnya,” pungkas Andi.

Saat ini, sedikitnya ada 27.000 liter air per detik yang mengalir di aliran Sungai Ciliwung melewati Bendung Katulampa, Bogor. Diperkirakan, air tersebut tiba di Ibu Kota Jakarta dalam waktu sembilan jam ke depan.

“Air diperkirakan akan sampai di Jakarta dalam waktu 9 jam ke depan,” jelas Andi.

Untuk itu, Andi mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan adanya kenaikan debit air ini.

“Sekarang di kawasan hulu (Puncak) masih diguyur hujan. Kita terus lakukan koordinasi dengan BMKG dan petugas pintu air lainnya di Sungai Ciliwung untuk memantau ketinggian debit air,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top