Tekno

Waspada! 7 Aplikasi Ini Sering Disalahgunakan untuk Sebar Hoax dan Penipuan

Ilustrasi. Foto: Istimewa

PIAH.COM – Pemilu yang baru saja kita laksanakan kemarin memiliki banyak sekali berita palsu alias hoax. Hal tersebut sangat meresahkan mengingat masyarakat bingung akan kebenaran beritanya dan susah membedakan berita mana yang benar dan berita mana yang palsu. Menariknya, banyak penyebaran berita itu datang via messenger dan sosial media, semacam WhatsApp atau Facebook.

Penyebaran tersebut bisa terlaksana karena adanya bantuan dari aplikasi, membuatnya begitu sulit untuk terlacak. Sedikit menelusuri jejak-jejak penipuan itu, ternyata banyak dari aplikasi ini sebenarnya digunakan dan difungsikan untuk keperluan bisnis.

Fiturnya yang mampu membuatmu mendapatkan nomor baru itu bertujuan agar nomor pribadimu tidak tersebar. Sayangnya banyak orang yang menyalahgunakan kemampuan ini.

Berikut ini adalah aplikasi yang mampu memberikan nomor baru tersebut hingga tak terdeteksi. Perlu diingat artikel ini tidak pernah ditujukan untuk mengajarkan orang-orang bagaimana caranya membuat berita hoax, melainkan sekadar memberikan informasi teknologi macam apakah yang digunakan untuk penyebaran berita tak jelas tersebut.

Selain itu, harapannya bisa memberikanmu informasi bahwa itu dengan mudah dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, agar kamu tidak langsung menyerap informasi begitu saja yang bisa jadi hoaks. Teknologi ini juga hanya sebagian kecil dari modus penyebaran hoax itu sehingga kamu jangan mudah percaya dengan berita yang tersebar.

OpenPhone

OpenPhone sebenarnya ditujukan untuk saling kontak dalam lingkup bisnis. Dalam deskripsinya, kamu hanya perlu waktu 30 detik untuk mendapatkan nomor baru. Berlangganan sudah pasti, tetapi aplikasi ini bisa dicoba gratis selama tujuh hari.

CoverMe

Salah satu kelebihan yang mengerikan dari aplikasi ini adalah fitur otomatis yang dapat hilang sendiri. Dengan mengaturnya, kamu bisa menghilangkan pesan yang kamu kirimkan dalam jangka waktu beberapa menit untuk menjaga privasi. CoverMe juga memberikan fitur kata sandi yang membuat sembarang orang yang bisa mengakses teleponmu tidak bisa mengakses dengan mudah aplikasi ini.

Burner

Burner sangat terkenal untuk penggunaan di Amerika dan Kanada. Aplikasi ini memberikan nomor telepon asli yang palsu untuk kirim pesan hingga voicemail.

Setelah menggunakan nomor tersebut, orang-orang bisa langsung menghilangkan nomor telepon tersebut yang berarti langsung menghilangkan jejaknya. Burner hanya gratis untuk masa percobaan saja. Selebihnya harus membayar.

Hushed

Aplikasi yang paling direkomendasikan oleh Play Store untuk masalah mendapatkan nomor baru. Lewat Hushed, kamu bisa langsung mendapatkan sebuah nomor Amerika gratis selama tiga hari.

Sebenarnya Hushed memiliki rangkaian nomor telepon hingga lebih dari 40 negara. Namun, untuk mendapatkannya, kamu perlu membayar terlebih dahulu yang mana harganya berbeda-beda tergantung negaranya.

Telos

Kelebihan dari Telos adalah memiliki kualitas suara yang jauh lebih baik dari aplikasi yang lain. Itu menjadikannya sangat cocok untuk menginfokan berita atau percobaan penipuan lewat telepon. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan dikatakan pula itu berlaku untuk kirim pesan dan teleponnya.

2nd Line

Sesuai namanya, 2nd Line mampu memberikanmu nomor baru secara gratis dengan mudah. Dengan memilih area, kamu bisa mendapatkan nomor baru yang tak dikenali dan mengontak orang lain lewat nomor tersebut. Untungnya, aplikasi ini masih terbatas untuk di area Amerika dan Kanada saja.

TextMe Up

Masih sama dengan 2nd Line dan Burner, TextMe Up dapat memberikanmu fitur nomor palsu namun dibatasi untuk penggunaan di Amerika dan Kanada. Tetap saja dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan panggilan internasional ke seluruh penjuru dunia yang sulit untuk dideteksi. Untuk penggunaan maksimal, kamu perlu berlangganan terlebih dahulu.

Kamu lihat sendiri kan bagaimana aplikasi ini sebenarnya diperuntukkan untuk membangun bisnis, namun di sisi lain juga bisa digunakan untuk menyebarkan berita yang tidak benar? Karena itu, jika kamu menyalahkan aplikasi atau teknologinya akan penyebaran berita tidak benar itu, maka kamu salah besar.

Yang harusnya disalahkan adalah orang-orang di baliknya yang menggunakan teknologi itu untuk hal yang tidak benar. Jadi, setidaknya kamu perlu waspada dengan hoaks yang mudah beredar dan penipuan yang menyerang siapa saja, karena kamu sudah tahu bahwa itu bisa dilakukan dengan begitu mudah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top