Tekno

Waspada! Peretas Sebarkan Malware Lewat Film Populer

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Hasil penelitian Kaspersky Lab mengungkapkan bahwa pelaku kejahatan siber secara aktif menggunakan film atau serial TV populer untuk menyebarkan malware. Film seperti Game of Thrones, The Walking Dead, dan Arrow paling banyak menarik perhatian para pelaku kejahatan siber.

Di banyak daerah, film populer dapat dikonsumsi melalui saluran ilegal, seperti pelacak torrent dan platform streaming ilegal. Tidak seperti sumber resmi, pelacak torrent dan fail yang di-hosting dapat mengirimkan fail yang terlihat seperti film, namun kenyataannya adalah malware yang menggunakan nama yang mirip.

“Kita dapat melihat dengan jelas distributor malware mengeksploitasi serial TV yang sangat diminati pada situs web bajakan, paling diminati biasanya drama atau serial aksi yang dipromosikan secara aktif,” kata Anton V Ivanov, peneliti keamanan di Kaspersky Lab.

Berdasar penelitian berjudul “Game of Threats: Bagaimana Pelaku Kejahatan Siber Menggunakan Film Populer untuk Menyebarkan Malware”, pada 2018, Game of Thrones (GoT) telah menyumbang 17% dari konten bajakan yang terinfeksi, dengan 20.934 pengguna yang terkena serangan, diikuti The Walking Dead dengan 18.794, dan Arrow dengan 12.163.

Untuk menghindari program berbahaya yang menyamar sebagai film atau serial TV, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Hanya menggunakan layanan resmi dengan reputasi terbaik yang terbukti memproduksi dan mendistribusikan konten TV.

2. Perhatikan ekstensi fail yang diunduh. Bahkan jika Anda akan mengunduh episode serial TV dari sumber yang Anda anggap terpercaya dan sah, fail tersebut harus memiliki ekstensi .avi, .mkv, mp4 atau lainnya, namun jelas bukan .exe.

3. Berikan perhatian ekstra pada keaslian situs web. Jangan mengunjungi situs web yang sampai Anda yakin itu sah dan mulailah dengan ‘https’. Periksa apakah situs web tersebut asli, dengan memeriksa ulang format URL atau ejaan nama perusahaan, sebelum mulai mengunduh.

4. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan, seperti yang menjanjikan untuk menonton episode baru lebih awal. Periksa jadwal serial TV dan pantau dengan baik.

5. Gunakan solusi keamanan yang andal untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top