Anti Berita Hoax

WhatsApp Uji Coba Fitur Baru Pendeteksi Spam dan Hoax

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Sebagai salah satu aplikasi bertukar pesan (chating) terbesar didunia, Whatsapp begitu menjaga keamanan dan kenyamanan para penggunanya. Seperti diketahui, platform ini juga akhir-akhir ini menjadi aplikasi yang sering digunakan para penyebar hoax untuk menyebarkan berita bohong.

Dikabarkan, WhatsApp kini tengah menguji fitur baru, yaitu fitur yang dapat memperlihatkan berapa kali sebuah pesan diteruskan (di-forward).

Versi yang kini masih Beta ini juga termasuk fungsi baru yang memberi keleluasaan kepada pengguna untuk melihat seberapa banyak ia menerima pesan yang telah diforward.

Untuk mengetahuinya, Anda harus mem-forward sebuah pesan, membuka tab info di Message, lalu data akan muncul. Pesan yang telah diforward lebih dari lima kali akan disertai peringatan dengan kalimat “Sering Diforward.”.

Versi beta ini tak cuma bisa melihat berapa kali sebuah pesan diteruskan, namun juga berapa kali mengirim dan menerima pesan yang telah diforward.

Hal ini ditujukan untuk melihat apakah pesan-pesan yang diteruskan ini adalah spam atau berita hoaks. Jika jumlah pembagian atau penerusannya banyak, kemungkinan besar pesan tersebut adalah spam atau berita palsu. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top