Berita Hoax

WNA China Punya KTP Indonesia, Itu HOAX Ini Penjelasannya

PIAH.COM – HOAX merupakan sebuah informasi yang salah atau dipalsukan, dibuat dan disebarkan oleh para oknum yang tidaklah bertanggung jawab, dengan tujuan untuk memecahkah, meresahkan di masyarakat.

Beredar berita HOAX yang mengarah pada unsur SARA, tersebar di media sosial dengan keterangan, bahwa adanya warga negara China yang tidak bisa berbahasa Indonesia, namun mempunyai KTP Indonesia, itu merupakan berita HOAX, berikut isi postingannya.

1) “Ini kejadian di PLN PLTU Cilacap Bunton Adipala, orang Cina tidak bisa berbahasa Indonesia apalagi bahasa jawa Banyumasan tp punya KTP Cilacap atas nama Karsono, payah kie Camat dan Bupatine 
Kalau bener2 terjadi…”.

 (2) “Fenomena Unik: Evolusi Orang Indonesia

Ternyata sebagian dari warga negara Republik Indonesia, yang memiliki E-KTP, ada yang sudah lupa bahasa ibunya. Tidak lagi mahir berbahasa Indonesia atau bahasa daerahnya. Ini salah satu contohnya. Karsono namanya. Dari nama, kita tahu dia “orang Jawa”. Tapi, bagaimana Anda menyaksikannya?! Jangan-jangan dia bagian dari kerabat Anda. Ha ha … Perubahan bukan hanya dari aspek bahasanya. Bahkan dari fisiknya pun berubah pula. Sudah mengalami evolusi. Misalnya, matanya menjadi sipit. Atau, apakah evolusinya akan mengembalikannya ke wujud nenek moyangnya? Entahlah.”

Nyatanya berita tersebut adalah salah besar, dimana berita yang asli di dibuat salah, sehingga kebenarannya menjadi berbeda, dan menimbulkan kesalah pahaman.

Berita yang sesungguhnya adalah video yang tersebar tentang TKA yang ditegur oleh petugas keamanan karena tidak mengenakan helm.

Namun dari pihak penyebar informasi, berita diberikan informasi yang tidaklah sesuai dengan konteks sebenarnya dari video, yang diserahkan adalah kartu ID, namun di pelintir menjadi KTP, selain memelintir konteks, penyebutan nama “Karsono” yang tidak dipahami oleh yang bersangkutan, karena tidaklah bisa berbahasa Indonesia.

Nama asli dari yang bersangkutan adalag Shan Licang, bukan Karsono, tentunya ini informasi HOAX yang mengarah ke Sara, dimana untuk menimbulkan keresahan ditengah masyarakat, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top